Dishubkominfo Bekerja sama dengan Yayasan Budaya Kampung Konser Adakan Festival Tanah Air

MAJALENGKAKAB.GO.ID Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Yayasan Budaya Kampung Konser Jatitujuh menyelenggarakan Festival Tanah Air yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Majalengka di Desa Jatitujuh Kecamatan Jatitujuh, Jum’at (4/12).

Kegiatan Festival Tanah Air tahun 2015 merupakan kegiatan yang ketiga kalinya sejak dimulai tahun 2013, berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 4 – 5 Desember 2005. Kegiatan tersebut merupakan budaya lokal yang memiliki simbol sebagai wujud berterima kasih kepada tanah dan air, sehingga selalu dilaksanakan ketika memasuki musim hujan.
Festival diikuti berbagai komunitas seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jumsih Leuwimunding, KIM Wisata Talaga, KIM Caraka, KIM Konser Kampung Jatitujuh, yang mengadakan pameran hasil produksi, seni rupa, serta diisi pertunjukan panggung, angklung anak-anak SD Negeri Jatitujuh, dari seniman/budayawan lokal maupun dari luar daerah, seperti dari Bandung, Jakarta, Bengkulu.
Selain mendapat perhatian dan dukungan dari warga masyarakat Desa Jatitujuh dan sekitarnya, Festival Tanah Air juga mendapat kunjungan dari warga Malaysia, Canada, dan Australia.
Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd., mengungkapkan rasa bahagianya berada di tengah-tengah kelompok komunitas dan masyarakat dalam rangka Festival Tanah Air seraya mengucapkan selamat datang kepada komunitas yang datang dari luar negeri.
Wakil Bupati juga mengungkapkan rencana Pemerintah Kabupaten Majalengka yang akan melaksanakan pembangunan gedung representatif, plaza seni yang luasnya + 4 Ha untuk mewadahi komunitas seni yang ada di Kabupaten Majalengka.
Selanjutnya Wakil Bupati yang juga sebagai Ketua Komisi Penanggulangan Aids dan HIV Kabupaten Majalengka mengingatkan akan bahaya HIV Aids dan meminta kepada Muspika untuk menjaga masyarakat Jatitujuh yang dianggap rawan karena posisinya berada di daerah perbatasan kabupaten.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada Panitia, Kepala Dishubkominfo, Kepala Dispora Budpar sehingga kegiatan Festival Tanah Air dapat terlaksana, seraya mengajak masyarakat Jatitujuh dan sekitarnya agar memanfaatkan event tersebut sebagai sarana hiburan dan rekreasi sekaligus meningkatkan daya apresiasi terhadap seni.
Usai dibuka secara resmi, Wakil Bupati berkenan menanggapi keinginan dua orang utusan komunitas yang mengemukakan usulnya. Usulan pertama disampaikan Sdr. Asep dari KIM Konser Kampung Jatitujuh dan Rd. Jojo dari KIM Wisata dari Talaga.